Selamat datang..blog ini berisi seputar dunia pendidikan, pariwisata, yang ada di Yogyakarta dan ilmu agama...semoga bermanfaat dan jangan lupa COMMENT ya....

Jumat, 27 April 2012

Cara Menggunakan MAIL MERGE

Pertama. Penjelasan
Teman-teman, bacaan berikut hanyalah sebuah ilustrasi atau cerita belaka.
Saya membuat artikel ini karena prihatin pada rekan kantor saya yang mengurusi
masalah administrasi seperti membuat surat dan menyebarkan undangan ke mana-mana.
Ternyata dalam membuat undangan, dia masih menggunakan satu template yang sama,
lalu di-copy paste ke banyak halaman, lalu di-edit satu-satu (hehe...sorry ya, gue ga
sebutin nama loh : P). Cara ini sih bagus, kalau dokumen yang diubah sedikit, misalnya
sekitar 3-5 lembar. Dulu pun saya begitu. Tapi kalau banyak? Modar juga :P. Saya
pernah mengalami harus mencetak kupon door prize sebanyak 1500 lembar (3 rim loh).
Kupon door prize, artinya semua nomor dalam tiap kupon tidak boleh sama. Mau edit
satu-satu?
Teman-teman, dalam pembuatan mail merge, ada dua dokumen yang harus dipersiapkan,
yaitu:
a.  Document Template, yaitu dokumen yang akan digunakan sebagai pola pencetakan. Selama
ini saya baru mencoba dengan MS Word dan MS Publisher. Saya belum mencoba untuk
software lainnya.
b.  Data Source, yaitu daftar data yang akan dimasukkan dalam document template. Data source
bisa dari berbagai macam sumber, bisa data dari file Excel, bisa juga data dari fitur mail
merge itu sendiri.
Saya anjurkan sebaiknya teman-teman menyiapkan data sourcenya terlebih dahulu baru
membuat document templatenya.  Yuuk kita mulai….





Tidak ada komentar:

Posting Komentar